Rabu, 19 Januari 2011

Kucing Hitam dan Putih

Banyak orang bilang kalau lihat kucing hitam kita harus menghindar, karena akan membawa kesialan bagi kita.... Tapi sebaliknya kalau ingin memelihara kucing, jangan kucing hitam, sebaiknya selalu kucing yang putih, karena akan membawa keberuntungan bagi kita. Hal ini kerap sekali banyak terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, bukan dari soal kucing saja. Semua orang beranggapan yang hitam pasti jelek, dan yang putih pasti baik.

Dalam mencari pekerjaan misalnya, manajer perusahaan pasti mencari orang yang mempunyai nilai IPK tinggi, karena yang IPK tinggi pasti pintar, sedangkan yang IPK rendah pasti bodoh. Begitu juga para wanita atau pria yang mencari pacar, kebanyakan dari mereka mencari dengan melihat dari penampilan luar. Yang wanita ingin mencari pria yang tampan, gagah, dan kaya. Sedangkan yang pria ingin mencari wanita yang cantik dan sexy. Lalu bagaimana dengan yang berwajah kurang tampan atau juga kurang cantik? Dalam ujian misalnya juga, guru/dosen kerapkali meminta para muridnya untuk menghafal mati pelajaran itu. Jika seorang murid/mahasiswa tidak bisa menjawab teori itu dengan baik, walaupun sebenarnya ia mengerti, maka ia akan dianggap tidak lulus. Ada juga orang yang selalu berpegang teguh pada peraturan atau juga prosedur. Orang yang mengikuti prosedur selalu dianggap orang jujur, sedangkan orang yang tidak mengikuti prosedur, selalu dianggap sebagai orang yang curang. Sesuatu yang dikerjakannya pasti hasil dari menyontek.
Lalu apakah sesuatu yang baik dari luar itu selalu baik dan membawa keberuntungan? Lalu juga apakah semua di atas sesuai dengan konsep Tao?



Dahulu kala, saat Cina masih dalam masa dinasti, seringkali terjadi pemberontakan dan peperangan, baik itu dengan saudara sendiri ataupun juga musuh dari luar. Untuk memenuhi kebutuhan akan tentara, maka dilakukanlah wajib militer. Pemuda-pemuda yang gagah, tampan, serta kuat dipaksa dan diwajibkan untuk mengikuti wajib militer, dan jika ia tidak mau, maka pemuda tsb akan dihukum dengan hukuman yang berat. Sedangkan pemuda yang lemah, jelek, dan cacat tidak diikutsertakan dalam wajib militer tersebut, karena pemuda tsb dianggap sebagai orang yang tidak berguna. Lalu bagaimana perasaan kita jika menjadi orang tua ataupun salah satu pemuda dari kedua pemuda tsb? Mana yang anda pilih? Anda ingin menjadi pemuda gagah tadi atau pemuda lemah tadi? Bagi orangtua dari pemuda yang lemah tadi, mungkin mereka sangat bersyukur dan beruntung karena mereka tidak kehilangan anak mereka? Lalu bagaimana yang sebaliknya?

Begitu juga dengan wanita pada jaman dahulu, di mana masih banyak kepercayaan kepada hal-hal yang gaib. Banyak sekali penduduk pada jaman dahulu yang mempersembahkan anak gadis mereka sebagai persembahan bagi para "dewa" mereka, supaya dewa-dewa tersebut tidak marah kepada mereka dan selalu memberikan rejeki kepada mereka? Gadis-gadis yang dipilih sebagai persembahan pasti selalu gadis yang cantik dan sexy. Sedangkan yang berpenampilan buruk tidak dijadikan sebagai persembahan. Persembahan itu juga dilakukan dengan hal yang tragis, ada yang dibakar hidup-hidup, ada juga yang ditenggelamkan ke sungai. Sekarang bagaimana jika anda sebagai seorang gadis, apakah ingin menjadi gadis cantik atau gadis jelek?

Itulah yang ingin saya sampaikan. Konsep Tao sebenarnya sudah memuat hal ini. Dalam gambar yin yang lambang dari Tao, kita dapat melihat bahwa sebuah lingkaran terbagi menjadi 2, yaitu hitam dan putih. Namun tidak seluruh dari bagian itu berwarna putih dan hitam. Di bagian hitam, kita melihat ada lingkaran putih. Dan di bagian putih, kita melihat lingkaran hitam. Itulah yang disebut oleh Tao dengan keseimbangan (balancing). Karena di dalam hidup ini tidak ada yang sempurna, hitam pasti ada putih dan putih pasti ada hitam.
Maka itu sebagai umat Tao, kita tidak kita tidak boleh melihat sesuatu hanya dari sisi penampilan luar yang baik saja.  Tetapi juga harus melihat penampilan dalam yang baik, karena itulah yang paling penting.

Dan akhirnya yang ingin saya katakan adalah, jika kita ingin memelihara kucing, seperti yang dikatakan oleh Mao Tze Dong, janganlah kita memilih kucing hitam ataupun kucing putih, tetapi pilihlah kucing yang mampu menangkap tikus, karena itulah kucing yang berguna dan baik.

2 komentar:

  1. seh emoy lah postingan pertamanya,,,
    selamad yah,,, ^_^
    yang rajin di isi ni blog,,,
    wokeyyy,,,
    Happy Blogging

    BalasHapus
  2. thank's ncui..unggah banarai ni.. XD

    BalasHapus